formulabisnis
internet marketing
Make Money when you Sleep
$0.00 invest - earn $780.00 daily. Online income system that works.
Click Here...

Tuesday, March 9, 2010

Dua Prinsip Penting dalam Bisnis Internet: Traffic dan Copywriting

Dunia internet ternyata sangat tak terbatas. Kalau tidak fokus dan tidak tahu arah bisa jadi tersesat, atau paling tidak tidak searah dengan tujuan pencarian informasi yang kita inginkan.

Saya adalah orang yang awam tentang dunia internet, apalagi bisnis internet, sangat-sangat awam. Hanya berbekal secuil pengetahuan tentang blog yang saya baca dari sebuah buku pinjaman teman, entah apa judulnya, saya sudah lupa, keinginan saya belajar dunia ini menggebu-gebu. Saya memberanikan diri masuk warnet dan berkutat di sana sendiri, dengan keringat deras di sekujur tubuh, seruduk sana-seruduk sini, semakin kalut pokoknya. Bingungnya minta ampun waktu ini. Apa lagi pengetahuan bahasa Inggris saya minim sekali (waktu itu saya tidak tahu beberapa situs bisa diset ke bahasa Indonesia). Istilahnya, saya main hamtam kromo saja.

Lama-lama nikmat juga, apa lagi ada iming-iming mendapat dolar bila situs kita diklik orang. Wah, pikiran saya melayang-layang. Saya tidak ingin tahu lagi bagaimana cara berbisnis di internet. Pokoknya buat blog, buat blog, dan buat blog. Saya tidak tertarik untuk surfing ke site-site lain untuk menambah pengetahuan. Yang ada dalam pikiran waktu itu, buat blog, buat blog dan buat blog. Posting-posting, dan posting lagi. Kebetulan, saya katakan saat itu saya sangat beruntung. Karena pertama kali mendaftar blog saya ditolak adsense google. Tak lama, saya daftarkan lagi, diterima dan langsung mendapat ID adsense google. Bisa dibayangkan betapa senangnya waktu itu. Lambaian-lambaian dollar seolah-olah di depan mata. Kembali saya lupa diri.

Kenyataannya, sampai saat ini kantong dollar itu masih kosong. Karena tak ada yang berkunjung ke blog saya. Saya mulai berpikir, apa sih sebabnya, blog saya tidak ada yang mengunjungi. Sama sekali tidak, kecuali saya. Aduh modar aku. Laporan adsense google tetap $0. Ueedan tenan. Sudah berapa bulan nih! Ya untungnya saya sama sekali tidak punya watak orang yang cepat putus asa. Buktinya sampai saat ini saya masih tetap berusaha kok. Ditambah lagi mencoba-coba meluangkan waktu di sela-sela kerja, baca-baca info internet.

Ternyata, para blogger dan netter berpengalaman sudah banyak yang bertutur tentang pengetahuan ini. Saya merasa beruntung lagi saat ini, ternyata pertanyaan saya sedikit terkuak jawabannya ketika saya mengunjungi situs Mas Joko Susilo, di http://www.jokosusilo.com. Dalam situs itu, diungkapkan bahwa cuma dua prinsip hebat yang harus dilakukan untuk menciptakan sukses besar dalam bisnis internet.

Dan menurutnya, kedua hal inilah yang menjadi inti bisnis internet. Dengan yakin Mas Joko menyarankan untuk menguasai kedua prinsip ini. Dan bila keduanya sudah dikuasai maka usaha akan terus maju, maju, dan maju. Bahkan tak ada yang dapat menghentikan. Untuk tidak menjadikan tulisan itu semakin miskin nuansa saya kutipkan utuh untuk pembaca (Mohon maaf Mas Joko, saya mohon izin mengunggah tulisan ini, dan terima kasih informasi Mas Joko, saya sangat terbantu, dan menjadikan saya sadar bahwa masih terlalu banyak hal yang belum saya pahami tentang internet). Pembaca inilah kutipan tulisan Mas Joko Susilo. Dua prinsip yang dimaksud adalah sebagai berikut.
1. Traffic
Tanpa adanya traffic, situs web anda tidak akan berhasil. Sebagus apapun situs web anda, sebaik apapun produk anda, percuma saja jika tidak ada pengunjung. Kalau tidak ada pengunjung, bagaimana mungkin ada pembeli? Dan jika tidak ada pembeli, bagaimana anda dapat uang?
Nah, untuk menarik traffic, anda tidak perlu pusing. Anda cuma perlu gencar berpromosi untuk menarik minat pengunjung membeli. Pasanglah iklan, sebar artikel, dan bergabunglah dengan forum-forum diskusi. Pelajari materi-materi model bisnis yang anda geluti. Ciptakan ide-ide baru dan jangan pernah berhenti mencoba. Karena anda tak akan pernah tahu hasilnya bila anda belum mencobanya.
O, ya benar sekali Mas. Awalnya saya berpikiran, bahwa dengan bekal bisa membuat blog, sudah cukup bisa berjuang di dunia ini. Ternyata meleset sekali. Tank's.
2. Copywriting
Kunci sukses sebuah situs web adalah copywriting yang berdaya bujuk luar biasa. Memikat pengunjung dengan kata-kata adalah jurus internet marketing yang harus anda kuasai. Anda tahu, kata-kata bisa menghasilkan aliran uang yang luar biasa. Semakin pintar anda merayu pengunjung dengan kata-kata “ajaib,” semakin banyak pelanggan yang mendatangi anda.
Setelah anda konsentrasi dengan promosi situs web, anda harus terus memperbaiki copywriting anda. Buat sales letter yang membius. Luangkan waktu untuk menguji coba berbagai gaya copywriting anda. Dan, lihat hasilnya. Copywriting manakah yang paling banyak mendatangkan pembeli?
Dua kunci di atas adalah prinsip pokok yang harus anda kuasai untuk menghasilkan kekayaan dari internet. Tanpa copywriting yang hebat, anda tidak akan dilirik oleh pengunjung. Meski traffic anda sudah tinggi, percuma saja jika anda tidak bisa membuat pengunjung mau membeli produk anda.
Dan begitu pula sebaliknya. Meski anda membuat copywriting yang mampu menyihir dan berdaya “magis” untuk mempengaruhi orang agar membeli produk anda, percuma saja jika anda tidak pernah mempromosikan situs web anda sebelumnya.
Bagaimana pendapat anda? Anda setuju atau mungkin punya pendapat yang berbeda?
Weleh, weleh, saya sangat setuju itu. Ini saya sedang mencoba kedua itu. Akan terus mempelajarinya. Sekali lagi terima kasih Mas. Saya akan terus baca tulisan Mas Joko.
Cuma persoalannya, apa yang dimaksud kedua itu. Mudahan-mudahan saya mendapatkan lagi keberuntungan dan mendapatkan jawaban dan uraian yang lebih jelas, sejelas-jelasnya. Tunggu tulisan hasil penelusuran saya tentang kedua hal tersebut.

Untuk pembaca,

bila ingin menemukan rahasia bisnis internet yang mendatangkan dollar lumayan tiap hari, temukan rahasianya pada tulisan-tulisan Mas Joko yang berjudul 3 Jurus Ampuh Menghasilkan Dollar di Internet.


------------------------------------------------------------------------------------

No comments:

Post a Comment

 
CHHMNW64HM7A